Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Efektif dalam Menyusun Perencanaan Pemasaran


perancanaan pemasaran

Initentangpsikologi.com - Pemasaran adalah kegiatan meneliti kebutuhan dan keinginan konsumen, menghasilkan barang atau jasa, menentukan harga, mempromosikan, serta mendistribusikan barang dan jasa.

Prinsip pemasaran adalah “menciptakan nilai bagi pelanggan, keunggulan bersaing dan fokus pemasaran”. Jadi, tujuan pemasaran bukan mendapatkan langganan, tetapi memperbaiki situasi bersaing tersebut.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam pemasaran adalah “segmentasi pasar.

Segmentasi pasar ialah: Suatu proses membagi sebuah pasar menjadi kelompok-kelompok konsumen yang mirip, kemudian menyeleksi kelompok dan individu yang paling sesuai untuk dilayani perusahaan tersebut.

4 Tipe Khusus Segmentasi

1. Segmentasi manfaat: manfaat yang dicari orang dalam mengkonsumsi produk tertentu adalah dasar bagi keberadaan segmen pasar yang sebenarnya.
2. Segmentasi psikografis: membagi pasar berdasarkan perbedaan gaya hidup konsumen.
3. Segmentasi orang atau situasi: pasar dibedakan menurut situasi penggunaan bersama perbedaan individual di kalangan konsumen.
4. Segmentasi geodemografis: mengidentifikasi individu atau rumah tangga khusus di pasar dengan berfokus pada geografi lingkungan lokal untuk menentukan klasifikasi lingkungan aktual, dapat dijangkau, dan dapat dipetakan tempat konsumen hidup dan berbelanja.  

Langkah-langkah merencanakan pemasaran bagi usaha baru:

perancanaan pemasaran


1. Penentuan kebutuhan dan keinginan pelanggan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah riset pasar. Riset ini diarahkan pada kebutuhan dan keinginan konsumen, berapa jumlahnya, bagaimana kualitasnya, siapa yang membutuhkan, dan kapan mereka membutuhkan. Riset pasar ini dimaksudkan untuk menentukan segmen pasar dan karakteristik konsumen yang dituju.

2. Memilih pasar sasaran khusus (special target market)

Yang perlu diperhatikan dalam langkah ini adalah segmentasi pasar, dan memilih ceruk
Pasar atau pasar khusus. Misal: segmen pasarnya adalah perempuan, sedangkan pasar khususnya adalah perempuan yang dinamis dan sudah memiliki anak (karena produk yang akan dipasarkan adalah koper anak).

3. Menempatkan strategi pemasaran dalam persaingan

Penerapan strategi pemasaran sangat bergantung pada keadaan lingkungan persaingan pasar yang ada dari hari ke hari.

Enam strategi untuk memenui permintaan dari lingkungan yang bersaing:
1. Customer orientation.
2. Quality. Mengutamakan manajemen kualitas total, yaitu efektif, efisien, dan tepat.
3. Convenience. Fokus pada kenyamananan, kesenangan hidup dan kenikmatan.
4. Innovation. Konsentrasi untuk inovasi dalam produk, jasa ataupun proses.
5. Speed. Diwujudkan dalam bentuk kecepatan menempatkan produk baru di pasar dan memperpendek waktu untuk merespons keinginan dan kebutuhan customer.
6. Pelayanan dan kepuasan pelanggan.

4. Pemilihan strategi pemasaran

Strategi pemasaran adalah paduan dari kinerja wirausahawan dengan hasil pengujian dan
penelitian pasar sebelumnya dalam mengembangkan keberhasilan strategi pemasaran. Untuk menarik konsumen, wirausahawan bisa merekayasa indikator-indikator yang terdapat dalam “Bauran pemasaran (marketing mix)” yang mencakup 4P: Price, Place, Product, Promotion.

Strategi Market Driven untuk Usaha Baru:

perancanaan pemasaran


6 fondasi yang harus diperhatikan:
 Kualitas
 Orientasi konsumen
 Inovasi
 Pelayanan dan kepuasan pelanggan
 Kecepatan
 Kenyamanan dan kesenangan

Posting Komentar untuk "Cara Efektif dalam Menyusun Perencanaan Pemasaran"